Minggu, 11 Oktober 2015

Tulisan Editorial (Review)




1.     Judul : Memahami Pemasaran dan Perilaku Konsumen

Link : http://jantri201312156.weblog.esaunggul.ac.id/2014/06/16/memahami-pemasaran-dan-perilaku-konsumen/

Menurut Griffin dan Edbert (2002) mendefinisikan pemasaran sebagai proses merancang, melaksanakan konsep, menetapkan harga, promosi serta penggagasan ide, barang bagi mewujudkan pertukaran yang memuaskan objektif individu dan organisasi. Nilai dan Manfaat. Konsumen membeli produk yang menawarkan nilai terbaik. Manfaat menyangkut nilai produk dan kepuasan emosional yang dihubungkan dengan konsumen. Konsumen yang puas akan memahami bahwa manfaat berasal dari pembelian melebihi biayanya.

  • Nilai dan Kegunaan

Produk memberikan kegunaan kepada konsumen-kemampuan produk memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan. Pemasaran berusaha untuk memberikan empat jenis kegunaan.

1.      Kegunaan Waktu

2.      Kegunaan Tempat

3.      Kegunaan Kepemilikan

4.      Kegunaan Bentuk

  • ·   Memahami Perilaku Konsumen

Ada 4 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yakni :

1.      Pengaruh Psikologis

a.    Motivasi : motivasi adalah kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan. Kebutuhan manusia diatur menurut sebuah hirearki, dari yang paling mendesak sampai paling tidak mendesak (kebutuhan psikologikal, keamanan, social, harga diri, pengaktualisasian diri). Ketika kebutuhan yang paling mendesak itu sudah terpuaskan, kebutuhan tersebut berhenti menjadi motivator, dan orang tersebut akan kemudian mencoba untuk memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya.

b.  Persepsi : Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia. Orang dapat membentuk berbagai macam persepsi yang berbeda dari rangsanganyang sama.

c.   Pembelajaran : Pembelajaran adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima atau dari pengalaman sesungguhnya, baik informasi terbaru yang diterimamaupun pengalaman pribadi bertindak sebagai feedback bagi indicidu dan menyediakan dasar bagi perilaku masa depan dalam situasi yang sama.

d.    Sikap : Sikap adalah evaluasi, perasaan suka atau tidak suka, dan kecenderunagn yang relative konsisten dari seseorang pada sebuah obyek atau ide.

2.      Pengaruh Pribadi

a.    Situasi Ekonomi : Keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah.

b.      Gaya Hidup : Pola kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini orang tersebut. Orang-orang yang datang dari kebudayaan, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama mungkin saja mempunyai gaya hidup yang berbeda.

c.    Kepribadian : Kepribadian adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri, contohnya orang yang percaya diri, dominan, suka bersosialisasi, otonomi, defensive, mudah berapdaptasi, agresif.

3.      Pengaruh Sosial

a.    Grup : Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership group.

b.      Keluarga : Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian, para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda.

c.       Peran dan Status : Seseorang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan, organisasi. Sebuah role terdiri dari aktivitas yang diharapkan pada seseorang untuk dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya. Tiap peran membawa sebuah status yang merefleksikan penghargaan umum yang diberikan oleh masyarakat.

4.      Pengaruh Budaya

a.      Subkultur : Sekelompok orang yang berbagi system nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah.

b.   Kelas Sosial : Pengelompokan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat, dan perilaku. Kelompok sosial tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya.

   2.     Judul : Pasar Konsumen, Pasar Produsen, Ciri - ciri, dan Faktor Yang   Harus di Perhatikan 

    Link : http://cobammasuk.blogspot.co.id/2014/10/pasar-konsumen-pasar-produsen-ciri-ciri.html

  1. Pasar konsumen
Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah  pasar yang dimana pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan. Perilaku konsumen adalah suatu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang. ada dua faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

1.    Faktor eksternal adalah merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategy, dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi akan mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.
2.        Faktor internal adalah merupakan faktor yang termasuk adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.

Ciri – ciri pasar konsumen :
1.        Jumlah permintaan akan barang dan jasa lebih banyak guna memenuhi kebutuhan individual.
2.   Konsumen biasanya mempertimbankan faktor sosial, budaya, dan gaya hidup gina mendapatkan barang atau jasa yang berkualitas.
3.        Jarang terjadi negosiasi harga antar penjual dan pembeli.

2. Pasar Produsen
Pasar produsen atau yang sering disebut dengan pasar industri dan pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri dari individu-individu, lemabaga, atau organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang kemudian akan dijual atau disewakan
Ciri- ciri pasar produsen :

1.        Struktur dan permintaan pasar
2.        Sifat unit pembelian
3.        Berbagai tipe keputusan dan pengambilan keputusan

Faktor- faktor pasar produsen :
1.      Pengaruh utama yang dihadapi pembeli dipasar produsen
2.      Proses pembelian dipasar produsen
3.      Sifat unit pembelian
4.      Pengambilan keputusan dalam pembelian suatu barang
5.      Struktur dan permintaan pasar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Bahasa Inggris Bisnis 2

Banana "KresKres" Need a snack to relax? Want to banana chips but that's it? Well, we have a solution,...